Rabu, 14 Agustus 2013

Cara Mengurangi Stres Kerja

Orang tentu pernah mengalami stress, terlebih karena pekerjaannya yang mungkin terlalu berat.  Banyak yang mengalami stress kerja karena pekerjaan yang berat atau karena adanya tekanan-tekanan dari atasan. Untuk dapat menghilangkan stress kerja tentu akan sedikit berat, namun setelah kita dapat menghilangkan stress kerja maka segala jenis pekerjaan akan dapat diselesaikan dengan baik.
Karena itulah penulis akan memberikan beberapa tips agar dapat menghilangkan stres dalam bekerja.

1. Ambil napas dalam-dalam
Ambil napas dalam-dalam sepanjang hari, melalui hidung, dan keluar melalui mulut. Ketika anda bernapas, dalam lubang hidung anda akan merangsang korteks pre-frontal otak. Ini memicu pelepasan hormon yang bisa mengurangi stress seperti dopamin dan serotonin.

2. Lakukan aktifitas fisik
Buat kebiasaan sehat berolahraga seperti berjalan-jalan di sekitar gedung atau beberapa postur yoga duduk yang bermanfaat, selain itu cobalah untuk memberikan waktu setengah jam di kalender Anda dua kali seminggu, untuk mendapatkan darah dan getah bening yang mengalir dalam tubuh baik untuk sistem kekebalan tubuh dan mengurangi stres.

3.  Berpikir Positif
Cobalah untuk berpikir positif tentang pekerjaan Anda, hindari berpikir negatif tentang  rekan kerja.

4. Dengar Musik kesukaan anda
Dengan mendengar musik kesukaan, anda bisa mengurangi beban stress anda dan membuat anda jauh lebih nyaman saat bekerja. Siapkan music player beserta earphonenya untuk mendengar musik sehingga anda tidak mengganggu teman sekantor anda saat bekerja.

5. Istirahatlah ketika memang anda diharuskan untuk beristirahat
Ketika bekerja umumnya tubuh akan memberikan sinyal-sinyal kepada anda untuk beristirahat seperti : mengantuk, mata pusing, sulit berkonsentrasi, dan lain-lain sehingga ada baiknya anda mengistirahatkan diri anda, kurang lebih 30 menit untuk mencuci muka, ngopi, atau hal yang menyenangkan lainnya sehingga mood anda membaik, tapi  ingat setelah 30 menit anda harus bekerja dan kembali berkonsentrasi.

6. Tertawa
Bacalah berbagai komik lucu atau hal-hal lucu lainnya, ini akan membantu anda yang sebelumnya stres menjadi lebih mood dalam bekerja.

7. Buatlah to-do list (daftar pekerjaan)
Dengan membuat daftar pekerjaan, anda akan tahu pekerjaan apa saja yang akan anda lakukan dan pekerjaan apa saja yang sudah selesai anda lakukan, ini akan lebih efektif bagi anda yang sedang memiliki pekerjaan yang menumpuk.

8.  Rapikan Meja Kerja anda

Mungkin bagi sebagian orang, lebih baik memiliki meja kerja yang berantakan namun ada kalanya anda harus merapikan meja kerja anda karena selain memudahkan anda untuk menemukan sesuatu, meja yang rapi akan membawa suasana yang nyaman bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar