Orang tentu pernah mengalami stress,
terlebih karena pekerjaannya yang mungkin terlalu berat. Banyak yang mengalami stress kerja karena
pekerjaan yang berat atau karena adanya tekanan-tekanan dari atasan. Untuk dapat
menghilangkan stress kerja tentu akan sedikit berat, namun setelah kita dapat
menghilangkan stress kerja maka segala jenis pekerjaan akan dapat diselesaikan
dengan baik.
Karena itulah penulis akan memberikan
beberapa tips agar dapat menghilangkan stres dalam bekerja.
1. Ambil napas dalam-dalam
Ambil napas dalam-dalam sepanjang
hari, melalui hidung, dan keluar melalui mulut. Ketika anda bernapas, dalam
lubang hidung anda akan merangsang korteks pre-frontal otak. Ini memicu
pelepasan hormon yang bisa mengurangi stress seperti dopamin dan serotonin.
2. Lakukan aktifitas fisik
Buat kebiasaan sehat berolahraga
seperti berjalan-jalan di sekitar gedung atau beberapa postur yoga duduk yang
bermanfaat, selain itu cobalah untuk memberikan waktu setengah jam di kalender
Anda dua kali seminggu, untuk mendapatkan darah dan getah bening yang mengalir
dalam tubuh baik untuk sistem kekebalan tubuh dan mengurangi stres.
3. Berpikir Positif
Cobalah untuk berpikir positif
tentang pekerjaan Anda, hindari berpikir negatif tentang rekan kerja.
4. Dengar Musik kesukaan anda
Dengan mendengar musik kesukaan,
anda bisa mengurangi beban stress anda dan membuat anda jauh lebih nyaman saat
bekerja. Siapkan music player beserta earphonenya untuk mendengar musik
sehingga anda tidak mengganggu teman sekantor anda saat bekerja.

5. Istirahatlah ketika memang anda
diharuskan untuk beristirahat
Ketika bekerja umumnya tubuh akan
memberikan sinyal-sinyal kepada anda untuk beristirahat seperti : mengantuk,
mata pusing, sulit berkonsentrasi, dan lain-lain sehingga ada baiknya anda
mengistirahatkan diri anda, kurang lebih 30 menit untuk mencuci muka, ngopi,
atau hal yang menyenangkan lainnya sehingga mood anda membaik, tapi ingat
setelah 30 menit anda harus bekerja dan kembali berkonsentrasi.
6. Tertawa
Bacalah berbagai komik lucu atau
hal-hal lucu lainnya, ini akan membantu anda yang sebelumnya stres menjadi
lebih mood dalam bekerja.
7. Buatlah to-do list (daftar
pekerjaan)
Dengan membuat daftar pekerjaan,
anda akan tahu pekerjaan apa saja yang akan anda lakukan dan pekerjaan apa saja
yang sudah selesai anda lakukan, ini akan lebih efektif bagi anda yang sedang
memiliki pekerjaan yang menumpuk.
8. Rapikan Meja Kerja anda
Mungkin bagi sebagian orang, lebih
baik memiliki meja kerja yang berantakan namun ada kalanya anda harus merapikan
meja kerja anda karena selain memudahkan anda untuk menemukan sesuatu, meja
yang rapi akan membawa suasana yang nyaman bagi anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar