Rasa jenuh pasti pernah dialami oleh
banyak orang, terlebih dalam menghadapi rutinitas bekerja sehari-hari. Terlebih
dalam menghadapi pekerjaan yang berat tentu akan mengalami titik jenuh yang maksimal.
Rasa jenuh ini apabila dibiarkan begitu saja maka akan mengganggu kita dalam
melakukan pekerjaan dan tentu akan menurunkan tingkat kinerja kita.
Berikut ada beberapa tips agat dapat
menghilangkan rasa jenuh dalam pekerjaan.
1. Minta Tugas Lain dari
Atasan
Setiap karyawan mempunyai tanggung jawab masing-masing dalam
menyelesaikan pekerjaannya. Namun saat ini, Anda sudah selesai mengerjakan
tugas dan sedang alami kejenuhan dengan kantor. Anda bisa datangi atasan dan
tanyakan kepada dia, apakah ada tugas lain yang bisa dibantu?
Sebagai contoh, atasan tidak suka membuat presentasi untuk
rapat dan Anda menawarkan bantuan. Hal itu bisa membuat Anda kembali semangat
dan mencerahkan pikiran. Bonusnya, Anda mendapat imej baik di mata atasan.
2. Perluas Kehidupan Sosial
di Kantor
Bila pikiran stres saat di kantor
sehingga menimbulkan rasa bosan, atasi dengan bergaul bersama rekan kerja.
Lepaskan penat Anda dengan sekedar jajan di arean depan kantor sambil
membicarakan hal-hal selain pekerjaan. Perluas kehidupan sosial Anda dengan
memperbanyak teman, mulai dari satpam hingga CEO. Cara ini dapat melatih kemampuan
berinteraksi dan juga membuka wawasan.
3. Ambil Inisiatif untuk
Melakukan Sesuatu yang Baru
Kalau Anda merasa pekerjaan cukup
membosankan, ambil inisiatif untuk melakukan sesuatu baru yang bisa membangun
perusahaan. Anda dapat menawarkan diri untuk mencari konsumen yang baru,
membuat database baru, atau mengerjakan beberapa aktivitas yang terkait dengan
pekerjaan. Pastikan Anda mendapat izin dari atasan. Ingat, tujuan Anda adalah
mengekspresikan diri dalam perusahaan bukan menjatuhkan karyawan lain.
4. Mendekorasi Meja
Untuk mengatasi kejenuhan,
Anda bisa membuang surat atau file yang sudah tak terpakai agar tidak
berantakan. Cuci gelas bekas kopi atau teh dan rapikan dokumen-dokumen.
Dekorasi meja Anda untuk membangunkan mood dengan warna yang cerah serta taruh
foto bersama teman atau pasangan di sekitarnya. Habiskan waktu sekitar 10
hingga 15 menit untuk menata meja yang dapat mengembalikan semangat dalam
bekerja.

5. Buat Daftar Kegiatan
untuk Liburan atau Weekend
Saat lagi bosan, buatlah daftar
kegiatan untuk liburan atau akhir pekan. Anda dapat rencanakan perjalanan yang
menyenangkan sehingga membuat perasaan ceria. Selain bisa ‘membunuh’ rasa
bosan, daftar tersebut akan membantu Anda agar lebih terorganisir.
6. Manfaatkan Waktu Istirahat
Manfaatkanlah waktu istirahat Anda
untuk mengurangi jenuh ketika di kantor. Coba cari suasana berbeda dengan makan
di luar kantor sambil membawa buku favorit atau mengajak rekan kerja makan
bersama. Berjalan kembali ke kantor setelah makan siang membantu memperbaiki
mood Anda.
7. Buat Permainan yang
Berhubungan dengan Pekerjaan
Gunakan permainan untuk menghabiskan
waktu di tempat kerja yang juga memotivasi Anda ketika bekerja. Buat kompetesi
bersama rekan kerja hingga menggapai tujuan. Misalnya,
Anda bekerja dalam bidang pemasaran, ajak teman bersaing dalam mendapatkan
penjualan terbanyak dan yang kalah diberikan hukuman sesuai kesepakatan. Tidak
hanya mengatasi jenuh, permainan yang berhubungan dengan pekerjaan akan
meningkatkan kinerja kerja Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar