Menciptakan
Audience-Centered Tone
Nada atau intonasi
sangat berpengaruh dalam menyampaikan bad news sehingga mampu memberikan
kontribusi yang cukup penting bagi efektivitas penyampaian pesan-pesan bisnis.
Memilih
perencanaan organisasional
a.
Pendekatan tak langsung : 4 bagian
penting : (1) pembuka, (2) alasan pendukung untuk keputusan-keputusan negative,
(3) pernyataan bad news dan (4) penutup yang positif dan bersahabat.
b.
Pendekatan langsung : akan diawali dengan
pernyataan bad news, diikuti dengan berbagai alasan yang mendukungnya dan
diakhiri dengan penutup yang bersahabat.
Mengomunikasikan
informasi dan jawaban negative
a.
Bad news tentang produk : lebih baik
menggunakan pendekatan tak langsung yang diawali dengan pernyataan yang
bersifat netral, didukung dengan alasan yang logis, baru disampaikan pesan bad
news serta diakhiri dengan pernyataan yang positif dan bersahabat.
b.
Penolakan kerja sama : Untuk melakukan
penolakan dapat dengan pendekatan tak langsung atau pendekatan langsung.
c.
Penolakan undangan : dapat menggunakan
pendekatan tak langsung dan pendekatan
langsung. Pendekatan tersebut sangat bergantung pada seberapa dekat hubungan
anda dengan pihak lain.
Penyampaian
bad news ke pelanggan
a.
Bad news tentang pesanan : anda dapat
menggunakan pendekatan tak langsung.
b.
Penolakan surat pengaduan dan keluhan : perlu
dilakukkannya penghindaran menggunakan bahsa yang mempunyai dampak negative,
dengan pendekatan tak langsung.
c.
Mengganti produk : pendekatan yang bisa
digunakan adalah pendekatan tak langsung.
d.
Tidak memenuhi pesanan : pendekatan yang
dilakukan adalah pendekatan tak langsung.
Bad
news tentang orang
a.
Penolakan menulis surat rekomendasi :
dapat diselesaiakam dengan pendekatan tak langsung dan langsung.
b.
Penolakan lamaran pekerjaan : untuk
memberikan jawan untuk surat lamaran pekerjaan maka dapat digunakan dengan
pendekatan langsung.
c.
Surat penolakan kredit : untuk
memberikan jawaban kepada pemohon kredit, dapat digunakan pendekatan tak langsung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar