Senin, 05 Agustus 2013

Strategi Pengorganisasian Pesan-Pesan Bad News

Menciptakan Audience-Centered Tone
Nada atau intonasi sangat berpengaruh dalam menyampaikan bad news sehingga mampu memberikan kontribusi yang cukup penting bagi efektivitas penyampaian pesan-pesan bisnis.
Memilih perencanaan organisasional
a.       Pendekatan tak langsung : 4 bagian penting : (1) pembuka, (2) alasan pendukung untuk keputusan-keputusan negative, (3) pernyataan bad news dan (4) penutup yang positif dan bersahabat.
b.      Pendekatan langsung : akan diawali dengan pernyataan bad news, diikuti dengan berbagai alasan yang mendukungnya dan diakhiri dengan penutup yang bersahabat.
Mengomunikasikan informasi dan jawaban negative
a.       Bad news tentang produk : lebih baik menggunakan pendekatan tak langsung yang diawali dengan pernyataan yang bersifat netral, didukung dengan alasan yang logis, baru disampaikan pesan bad news serta diakhiri dengan pernyataan yang positif dan bersahabat.
b.      Penolakan kerja sama : Untuk melakukan penolakan dapat dengan pendekatan tak langsung atau pendekatan langsung.
c.       Penolakan undangan : dapat menggunakan pendekatan tak langsung dan  pendekatan langsung. Pendekatan tersebut sangat bergantung pada seberapa dekat hubungan anda dengan pihak lain.
Penyampaian bad news ke pelanggan
a.       Bad news tentang pesanan : anda dapat menggunakan pendekatan tak langsung.
b.      Penolakan surat pengaduan dan keluhan : perlu dilakukkannya penghindaran menggunakan bahsa yang mempunyai dampak negative, dengan pendekatan tak langsung.
c.       Mengganti produk : pendekatan yang bisa digunakan adalah pendekatan tak langsung.
d.      Tidak memenuhi pesanan : pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan tak langsung.
Bad news tentang orang
a.       Penolakan menulis surat rekomendasi : dapat diselesaiakam dengan pendekatan tak langsung dan langsung.
b.      Penolakan lamaran pekerjaan : untuk memberikan jawan untuk surat lamaran pekerjaan maka dapat digunakan dengan pendekatan langsung.

c.       Surat penolakan kredit : untuk memberikan jawaban kepada pemohon kredit, dapat digunakan pendekatan  tak langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar